Sinopsis Film The Amazing Spider-Man 2012

The Amazing Spider-Man
Rating film ini menurut kamu

Peter Parker (Andrew Garfield) selalu teringat ayahnya Richard Parker (Campbell Scott), seorang ilmuwan misterius yang suatu hari tiba-tiba berpamitan dan menghilang. Peter dibesarkan oleh paman Ben (Martin Sheen) dan bibi May (Sally Field) semenjak kepergian kedua orang tuanya. Bertahun-tahun rasa penasaran peter terpendam, hingga suatu saat ia menemukan sebuah tas peninggalan sang ayah, didalam tas tersebut tersimpan foto dan beberapa dokumen dengan identitas perusahaan teknologi bernama OSCORP. Pada foto yang ia temukan, tampak ayah bersama seseorang ilmuwan. Peter menanyakan perihal siapa yang ada difoto tersebut pada paman dan bibinya, dengan sangat berat, mereka mengatakan bahwa itu adalah Dr. Curt Connors (Rhys Ifans), rekan ilmuwan ayahnya di OSCORP.

Sinopis Film The Amazing Spider-Man

Setelah informasi tersebut, Peter pergi ke OSCORP dengan maksud menemui Dr. Connors. Sesampainya disana, dengan menyelinap, peter malah bertemu dengan rombongan mahasiswa kampusnya, salah satu orang yang dikenalnya adalah Gwen Stacy (Emma Stone), teman sekampus yang ternyata menjadi mahasiswi magang di OSCORP untuk memandu para mahasiswa mengenal perusahaan teknologi itu. Ia dan peter sebenarnya sudah saling tertarik sejak lama, namun belum menemukan “titik temu”.

Karena gagal menemui Dr. Connors, Peter terpaksa masuk lebih dalam ke laboratorium OSCORP, ia masuk kesuatu ruangan dimana disana banyak sekali laba-laba hasil percobaan OSCORP, ribuan laba-laba itu membuat jaring-jaring yang sepertinya disengaja untuk memproduksi jaring super kuat, tak sadar akan apa yang dilakukannya, begitu peter masuk ruangan itu, semua laba-laba mendadak tidak bekerja, mereka seolah jatuh berguguran. Satu laba-laba ternyata menyelinap dibalik jaket Peter dan beberapa jam kemudian menggigitnya.

Setelah gigitan itu, peter merasa tubuhnya penuh energi, walaupun memang baginya berasa sangat aneh, dan yang paling aneh, kini ia bisa memanjat bidang vertikal hanya dengan merangkak bahkan ia bisa melekat dilangit-langit kamarnya. Bagi karakter Peter yang ada di film the amazing spiderman ini, keanehan ini dibawa santai saja, bahkan ia menganggap sesuatu yang sangat keren, sangat berbeda dengan karakter Peter yang diperankan Tobey Maguire.

Di OSCORP, Dr. Connors sedang putus asa karena pendanaan proyek di OSCORP terancam dihentikan, lantaran ia tidak juga mampu menunjukkan bahwa proyek rekayasa genetikanya dapat diaplikasikan pada manusia sebagai gen super, yang membuat tubuh mampu memperbaiki bahkan membangun dirinya sendiri seperti cicak yang mampu menumbuhkan kembali ekornya. Proyek ini sekaligus proyek ambisius pribadinya, Dr. Connors ingin menumbuhkan kembali tangannya yang buntung karena kecelakaan yang pernah ia alami. Sebenarnya Dr. Connors tinggal selangkah lagi untuk bisa merealisasikan ambisinya itu, ia hanya tak tahu bagaimana menyambungkan genetika manusia dengan gen yang direkayasa dari reptil.

Peter yang ingin mengetahui misteri seputar hilangnya sang ayah memutuskan untuk menemui Dr. Connors dirumahnya, awalnya mereka berbagi kenangan masing-masing bersama Richard Parker, sampai pada saat Peter bercerita bahwa ia menceritakan perihal dokumen yang ditinggalkan sang ayah dalam tas, ia merasa ada yang belum diselesaikan ayahnya dan Dr. Connors. Dalam buku catatan yang juga ia temukan dalam tas ayahnya, ada serangkaian rumus kunci dari percobaan itu. Mendengar penuturan Peter, Dr. Connors langsung mengetahui bahwa rumus itulah rumus kunci yang selama ini ia cari. Peter yang menjelaskan rumus dengan detail dirasa Dr. Connors akan mampu menjadi partnernya untuk bersama mengaplikasikannya di OSCORP, segera saja keesokan harinya mereka memulai pekerjaan itu.

Akhirnya kolaborasi Peter dan Dr. Connors sedikit menemui keberhasilan, tikus percobaan yang disimulasikan oleh komputer berhasil menumbuhkan lengan-lengannya lagi yang telah hilang setelah disuntikkan hasil percobaan. Namun demikian, meski mereka berhasil melakukan rekayasa genetika pada seekor tikus, mereka tetap belum bisa melakukannya pada manusia, trnyata masih ada rumus atau cara yang belum bisa dipecahkan oleh mereka berdua.

Peter yang keras kepala karena masih muda, sering beradu argumen dengan Paman Ben, terutama yang berkaitan dengan ayahnya. Suatu malam karena merasa kesal dengan paman ben, peter pergi keluar rumah, dan beberapa saat kemudian paman ben bermaksud untuk berdamai dengan menyusul peter dan mencarinya. Malam itu peter hendak membeli minuman soda disebuah walmart, pada saat membayar, ternyata uangnya kurang beberapa sen, ia meminta pada kasir untuk memberikannya toleransi, namun sang kasir dengan wajah yang membuat peter semakin kesal tak mau memberikannya, sesaat kemudian masuklah seorang laki-laki gondrong, ia menanyakan sesuatu pada kasir dan sang kasir pergi kebelakang, ketika kasir itu pergi, laki-laki itu mengambil uang dimesin kasir, peter yang melihat itu nampak sengaja mengacuhkannya, laki-laki itu melirik peter kemudian melemparkan kaleng soda yang tidak jadi dibeli peter, saat itulah sang kasir memergoki laki-laki itu dan meneriakinya maling. Kasir berlari mengejar laki-laki itu sambil meneriakinya, tak jauh dari walmart itu, paman ben mendengar dan menyaksikan tersangka berlari kearahnya, tanpa pikir panjang, paman ben bermaksud menghadang lari perampok itu, pergulatan antara perampok dan paman ben terjadi, perampok itu mengeluarkan pistol dan menembakkannya ke dada paman ben kemudian kembali berlari. Peter yang ternyata melihat insiden itu dari jauh, segera menghampiri korban begitu terdengar tembakan, makin dekat ia makin tak bisa melangkah, karena ia makin mengenali bahwa korban adalah paman ben yang paling disayanginya setelah kedua orang tuanya.

Kepergian paman Ben kembali menambah guratan luka dihati Peter dan bibinya, bagi peter, insiden tersebut sangat disesalinya, kenapa ia yang punya kekuatan super sama sekali acuh ketika perampok itu melakukan pencurian, harusnya ia bisa berbuat sesuatu sehingga paman ben tidak jadi korban. Dendam kini ada dibenak peter, ia ingin menangkap sang perampok, berbekal kekuatan super, kostum dan alat semprot jaring, ia memburu para kriminal guna menemukan pembunuh paman ben yang mempunyai ciri berambut gondrong dan memiliki tato dilengan kirinya.

Karena banyaknya kriminal yang ia tangkap, istilah spiderman kini menjadi terkenal dikalangan masyarakat, terutama kepolisian yang merasa bahwa spiderman melangkahi hukum, termasuk membuat kapten polisi yang juga ayah dari gwen pun geram. Meski demikian, Peter masih belum mampu menemukan pria yang ia cari.

Kembali ke OSCORP, Doktor Connors putus asa setelah otoritas OSCORP akhirnya menghentikan proyeknya. Dr. Connors memutuskan untuk mencoba serum rekayasa genetika pada dirinya, mulanya serum itu secara menakjubkan bereaksi pada dirinya, ia mampu untuk menumbuhkan lengannya yang buntung, namun beberapa saat kemudian rasa sakit luar biasa terjadi, perubahan menakutkan dialaminya sedikit demi sedikit, perubahan secara fisik mengikuti sifat-sifat kadal, seperti kulit yang pada area tertentu berubah menjadi sisik, hingga akhirnya ia berubah total menjadi LizardMan dan meneror penduduk kota.

Perasaan putus asa Dr. Connors segera berubah menjadi niat jahat, ia berencana menjadikan seluruh penduduk kota menjadi seperti dirinya, mengubah semua orang menjadi kadal. Rencana ini diketahui spiderman dan terjadilah pertarungan seru antara kedua super human tersebut, diantara pertarungan itu ada kejadian yang merenggut nyawa kapten polisi ayah Gwen, namun sebelumnya ia sempat berpesan pada peter bahwa jangan pernah libatkan gwen. Akhirnya Lizard Man mampu dilumpuhkan, Dr. Connors terjatuh dari pucuk gedung tinggi. Kembali sang spiderman menjadi amazing dan dielukan warga kota, padahal sebelumnya menjadi buron kepolisian.

Sinopsis Film dalam Trailer The Amazing Spider-Man 2012