Film Islami

Film Islami terbaik adalah kumpulan sinopsis film, resensi atau cerita film terbaru dan terbaik yang telah dirilis hingga tahun 2018 oleh Mr. Plot, informasi tentang plot, alur atau jalan cerita cinema yang bergenre ini, mulai sekenario, siapa aktris, aktor, sutradara, serta tahun rilis nya. Ulasan para penggemar film, baik hasil nonton streaming, hasil download film gratis, atau hasil review nonton di bioskop, sebagai bahan referensi sebelum anda mulai download gratis, membeli tiket bioskop atau nonton Film Islami streaming.

Dewasa ini hingga tahun 2018 para sutradara dan produser film-Film Islami saling berlomba menjadi yang terbaik menduduki peringkat box-office, sebuah motivasi dan inspirasi terhadap perkembangan kualitas film dari tahun ke tahun. Tak hanya hollywood yang mendominasi layar-layar cinema tanah air, pesaing terdekat non hollywood yang patut di apresiasi adalah film karya cineas bollywood dan Korea mulai yang ber genre action, komedi, dokumenter, horor, drama, sci-fi, hingga thriller.

Kumpulan Film Islami Terbaru dan Terbaik Hingga 2018

Kumpulan film bernafaskan islam yang berhubungan dengan kisah teladan muslimin. Tapi juga tidak harus menjadi film-film yang memenuhi syariat, karena tidak banyak atau bahkan mungkin tidak ada film islami yang memenuhi syariat. Film yang mengandung pesan Al-Quran dan bernafaskan ilmu keislaman, meskipun kita juga harus berhati-hati dalam mengamininya atau memahaminya. Berhati-hati bukan berarti menjauhi sama sekali, tapi berusaha untuk kritis dan terus belajar, dan menggali makna dibalik kisahnya. Kita musti cek dengan Al-Quran atau kitab yang dimiliki. Mengenai penggalan ayat atau pemaknaan ayat yang mungkin ada dan tersebar di sepanjang film.

Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam, agama yang indah. Jadi kalian perlu mempertanyakan film yang mengangkat tema kekerasan atas dasar agama. Kalian perlu juga ketahui bahwa semua sejarah mempunyai sisi gelap. Yang artinya, sejarah kemanusiaan pernah kelam dengan menggunakan agama sebagai alat kekerasan. Seperti yang pernah terjadi pada agama katolik, islam maupun agama yang lain. Maka disini kalian perlu membuka mata hati, mata ketiga. Yaitu tidak memahami dari apa yang terlihat saja, namun dari berbagai sisi. Karena sebuah film dibuat untuk menyamakan pendapat antara pembuat dalam hal ini sutradara dengan penonton.

Bagaimana cara pandang kalian terhadap sesuatu mampu dirubah oleh sebuah film. Pesan-pesan simbolik dalam film patut kalian juga waspadai. Karena bisa jadi menyesatkan. Sebagai contoh, film NOAH garapan hollywood yang menggambarkan sosok nuh yang mabuk. Apakah masuk akal utusan suci Tuhan mabuk?. Beliau memang manusia, tapi beliau terjaga, bukan karena dihalang-halangi malaikat untuk berbuat maksiat, tapi memang dasarnya keras terhadap diri sendiri dan tidak mencoba segala hal yang bertentangan dengan perintah Tuhan.

Peran Film Islami pada peradaban manusia

Dewasa ini makin banyak film islami yang coba membelokkan kita dari ajaran islam yang benar, sebut saja beberapa film yang Mr. Plot tidak mau menyebutkannya, yang mencoba menulis ulang sejarah membelokkannya sedikit dari sebuah missing link dalam sejarah, yang artinya ada lubang yang belum disepakati para pakar sejarah islam dan itu dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin membelokkan sejarah yang menurut mereka akan berdampak pada akidah keislaman, seperti hollywood yang sangat sering sekali menggunakan orang keturunan arab berperan sebagai teroris, secara tak langsung di alam bawah sadar, ketika kita ingat orang arab, maka yang terbayang adalah keras, atos, hingga teroris, padahal tidak semua seperti itu (aduh, kata “tidak semua seperti itu” sama saja kemakan hollywood donk, berarti kebanyakan, ah..!!), mari kita gunakan kata “orang arab tidak berhubungan dengan kekerasan”, karakter manusia dan lingkungan lah yang membuat seseorang menjadi teroris dan keras.

Karena Mr. Plot mengkhawatirkan keadaan akhir zaman oleh karena itu banyak dari koleksi film islami disini mengandung unsur akhir zaman dan film-film indie yang dibuat tidak dengan cinematografi indah layaknya hollywood namun lebih pada makna dan inti cerita.

Film Islami Terbaik
Film Islami Kami kumpulkan dalam satu genre berikut, daftar cinema ini pernah diputar di bioskop-bioskop terkenal, atau telah terjual jutaan copy (termasuk yang bajakan sih, hehe). Mr. Plot hanya mengumpulkan cinema terbaik, plot dari film-film berikut cukup bagus bahkan untuk dibaca saja, seperti film The Caravan of Pride (Karbala) yang rilis tahun 2009, bercerita tentang Film ini menceritakan sebuah peristiwa yang terjadi pasca syahidnya Imam Husain Bin Ali Bin Abi Thalib di padang Karbala (sebuah kota di irak) yang bertepatan pada hari kesepuluh bulan Muharram tahun 61 Hijriyah, dan putri-putri beserta anak-anak beliau dari keluarga … Read More, mungkin skenario yang bagus saja tidak cukup untuk menghasilkan film keren seperti itu dibutuhkan adegan adegan yang cemerlang, pada film itu akting mereka sangat luar biasa, natural dan mengalir, mulai dari intro konflik bahkan sering happy ending (maklumlah kalo hollywood), Film Islami terbaik arahan sutradara kondang Basel Al Khatib ini memang memikat hati para penggemar film, namun tentu saja tidak ada yang sempurna, banyak plot holes atau kesalahan pada proses produksi yang tidak terlihat jika sepintas saja yang mustinya lebih baik.

Kumpulan Film Islami Terbaru dan Terbaik Hingga 2018

Judul CinemaSutradaraPemain (Aktor/Aktris)Tahun Rilis
The Caravan of Pride (Karbala)
Basel Al Khatib mereka 2009
Sang Pencerah
Hanung Bramantyo Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Slamet Rahardjo, Giring Ganesha (nidji), Dennis Adhiswara, Agus Kuncoro, Sujiwo Tejo 2010
Ayat Ayat Cinta
Hanung Bramantyo Rianti Cartwright, Fedi Nuril, Zaskia Adya Mecca, Carissa Putri, Melanie Putria, 2008
The Arrivals RELOADED 1-10
Noreaga & Achernahr Noreaga (Narator) & Achernahr 2008