Film Terbaik

Merupakan kumpulan sinopsis ringkasan cerita, resensi film terbaru

Menu

Sinopsis Film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) masih dilanda kesedihan karena Peeta Mellark (Josh Hutcherson) tak diketahui keberadaannya, ia tak ikut diselamatkan oleh pemberontak disaat kubah hunger games runtuh oleh panah katniss. Pemberontakan yang justeru dipicu oleh tindakan heroik Katniss menyebabkan banyak distrik dibumi hanguskan oleh the Capitol, karena mengadakan perlawanan. Keberadaan Katniss sangat penting bagi pemberontak yang di pimpin oleh presiden coin (Julianne Moore), dan bermarkas di kota bawah tanah distrik 12, tempat kelahiran katnis. Katnis digadang menjadi simbol dan icon perlawanan terhadap the capitol, yang mereka sebut dengan The Mockingjay. Pada mulanya Katniss menolak tawaran presiden coin untuk jadi The Mockingjay karena menurutnya merasa kecewa Peeta Melark tak ikut diselamatkan.

Pada saat makan siang di kota bawah tanah distrik 12, katnis melihat ditelevisi the capitol menyiarkan talk show dengan narasumber peeta, yang menyatakan bahwa pemberontakan adalah sebuah kesalahan dan katniss hanya jadi korban tipu daya pemberontak, sontak seluruh penduduk kota bawah tanah distrik 12 memaki dan menghujat peeta. Betapa terkejutnya katnis dengan pernyataan itu, dan berpikir bahwa peeta mengatakannya dibawah ancaman atau peeta tak tahu apa yang dilakukan the capitol terhadap berbagai distrik.

Sinopis Film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1

Katniss kemudian diberi kesempatan keluar untuk melihat suasana tempat tinggalnya yang telah rata dengan tanah, dari situ mata katniss terbuka dan setuju untuk menjadi The Mockingjay, dengan beberapa syarat yang telah ia susun. Diantara syarat itu adalah membebaskan Peeta Mellark dan menggugurkan dakwaan sebagai musuh (pendukung the capitol). Presiden coin tak punya pilihan selain menyetujui permintaan katnis, menurutnya pemberontak sangat membutuhkan sosok pahlawan seperti katnis sebagai inspirator.

Setelah disetujui, dimulailah kampanye The Mockingjay, membuat video propaganda dengan katnis sebagai iconnya. Pembuatan pertama video, katnis berakting dilayar hijau, kemudian diedit sedemikian rupa sehingga figur katniss digambarkan begitu heroik memegang bendera The Mockingjay ditengah distrik yang dihancurkan. Video itu dinilai kurang oleh Haymitch Abernathy (Woody Harrelson), ia mengatakan sisi kepahlawanan katnis tidak tampak sama sekali, meskipun video itu terkesan heroik, ia menambahkan, bila ingin katnis dengan sisi kepahlawanan yang sebenarnya, ia harus berada dimedan pertempuran yang sebenarnya. Sebuah ide gila yang berbahaya menurut presiden coin, karena pemberontak tak bisa kehilangan sosok Mockingjay. Setelah mempertimbangkan usulan haymitch, katniss pun akhirnya diijinkan turun kemedan tempur, dengan pengawalan orang-orang terbaik pemberontak termasuk Gale (Liam Hemsworth) sahabat setia dan mantan kekasih katniss.

Katniss, Gale dan beberapa personil terbaik serta kru film ditugaskan disebuah rumah sakit disuatu distrik yang dikenal intens mendapat gempuran dari the capitol. Sewaktu katniss memasuki rumah sakit itu, semua tertegun, lirih terdengar orang-orang dirumah sakit itu saling berpandangan, “itu the mockingjay”, kemudian suasana hening, semua tertuju pada katniss yang sedang diam terpaku melihat para korban luka serangan the capitol, matanya berkaca kaca. Ditengah keheningan itu, ada seorang pemuda yang berdiri kemudian bertanya pada katniss, semua pandangan pada si pemuda, ia berkata dengan penuh kegelisahan “apa kamu bersama kami ?”, katnis menjawab dengan mata berkaca kaca, “ya, aku bersama kalian”, kemudian satu persatu orang didalam rumah sakit berdiri dan mengacungkan tiga jari (simbol lain dari pemberontakan), momen itu diabadikan oleh para kru film.

Sesaat kemudian katnis keluar untuk kembali ke pesawat, namun tak diduga, keberadaannya diketahui oleh the capitol melalui camera cctv, dan serangan pun terjadi, pesawat tempur menderu diatas rombongan katniss dan gale, tembakan demi tembakan menghujam tiada henti, namun ternyata tujuannya bukan memburu katniss melainkan menghancurkan rumah sakit. Roket demi roket meledak menghancurkan rumah sakit, katnis tak dapat berbuat apa-apa meski ia dan gale berhasil menjatuhkan 2 pesawat tempur. Setelah serangan berakhir, katniss tampak terpukul dan airmatanya pun menetes melihat puing-puing terbakar yang sesaat lalu menampung orang yang terluka. Katnis diam ditepi reruntuhan, dan berbalik kearah kru film yang merekam, kali ini bukan kesedihan yang terpancar dari wajah Katniss, sambil menunjuk rumah sakit yang masih terbakar, dengan nada amarah hingga matanya berkaca kaca, ia berkata, “Fire is catching! And if we burn, you burn with us!” (“api telah membakar!, dan jika kami terbakar, kalian akan terbakar bersama kami !”.

Video yang telah direkam itu berhasil menjadi propaganda para pemberontak dan menginspirasi perlawanan banyak distrik. Bahkan kata-kata katnis menjadi semboyan, “if we burn, you burn with us! “.

Katnis masih memikirkan peeta yang masih saja mendukung the capitol, ia bukan menyesalkan perbuatan peeta, namun khawatir dengan apa yang dilakukan presiden snow (Donald Sutherland) kepadanya hingga seperti itu. Ditempat lain para pemberontak menyerang bendungan, dengan jumlah yang banyak menyerbu bendungan, walau hanya bermodal semangat yang dibakar sang Mockingjay, yel yel nyanyian katniss dikumandangkan, mereka berlari meski peluru pasukan capitol memberondong kerumunan, seolah tak perduli walau hanya berbekal tangan kosong dan semangat. Namun pada akhirnya mereka mampu menerobos barikade pasukan capitol dan meledakkan bendungan. Dengan hancurnya bendungan, maka pasokan listrik the capitol berhenti, listrik pun padam, sistem keamanan capitol lumpuh. Tanpa sepengetahuan katnis, ternyata penghancuran bendungan itu adalah untuk menyelamatkan peeta.

Namun sangat disayangkan, ketika gale yang turut serta dalam regu penyelamat berada dalam gedung tempat peeta ditawan, listrik tiba-tiba kembali menyala, dan misi terancam gagal. Sementara itu, ketika listrik kembali menyalakan sistem keamanan kapitol, peeta muncul dilayar televisi dan sempat memperingatkan katnis akan adanya penyerangan besar terhadap markas pemberontak. Alarm dinyalakan dan semua bersembunyi diruang penyelamatan kota bawah tanah. Ketika gemuruh ledakan roket pesawat tempur berhenti, katniss mendapat berita bahwa misi berhasil, ia pun segera menemui gale, gale merasa kebingungan karena tak mengerti kenapa the capitol membiarkan regu penyelamat pergi begitu saja membawa para tawanan termasuk peeta, padahal sistem keamanan sudah pulih, roket-roket perlindungan the capitol sudah aktif.

Kini katnis menemui peeta yang sedang dirawat karena rupa-rupanya, the capitol menyiksanya dengan hebat, baik itu fisik dan kejiwaan. Begitu melihat katniss, peeta membabi buta, menyerang dan mencekik katnis. Beruntung tindakan peeta dapat dihentikan.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan peeta ? Apa yang akan dilakukan katnis, para pemberontak dan the capitol selanjutnya ? Kita tunggu saja The Mockingjay part 2 (II).

Sudah lama saya tidak menikmati film semacam ini sejak the patriot nya mel gibson, film yang banyak berisi heroisme atau yang bernuansa patriotik kepahlawanan, membawa inspirasi tentang nilai kebenaran dan keberanian. Kata kata kepahlawanan katnis membuat merinding bahkan masih terasa saat saya menulis plot cerita diatas. Film The Mockingjay part 1 harus kalian tonton, sekenario nya keren, dialognya top, inspiratif banget, meskipun menurut saya sosok katnis kadang kurang manusiawi, maksudnya katakternya kurang natural, (bukan aktingnya), reaksi katnis dibeberapa kejadian tampak bertolak belakang dengan reaksi dikejadian yang lain. Misalnya ketika ia diminta menjadi mockingjay sebuah simbol perlawanan, dia malah mikirin peeta terus, padahal katnis kan setahu saya di film sebelumnya berpacaran dengan gale, sehingga berasa aneh saja tahu-tahu sangat khawatir dengan peeta, atau mungkin dugaan saya benar, ia mencintai gale dan peeta, waduh, sinetron cinta segitiga nih, padahal akan lebih natural bila kebenciannya dengan capitol melebihi segalanya, karena difilm sebelumnya ia banyak kehilangan orang tercinta dan melihat betapa tidak manusiawinya the hunger game dan the capitol. Atau lebih natural kalau ia memikirkan keluarganya, adik dan ibunya, keselamatan mereka. Kemudian ketika markas distrik 13 digempur pesawat the capitol, katnis malah kebingungan seolah linglung mencari persembunyian, bukannya berdialog dengan presiden coin diruang kendali, atau ambil peran disana, karena perannya sangat penting dan menentukan.

Sinopsis Film dalam Trailer The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 2014

Jalan Cerita Terkait Film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1

Review Film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 2014

Sinopsis film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 mengulang kembali plot cerita dari awal hingga akhir atau review. Resensi Film ini mudah diingat sekaligus karena merupakan salah satu skenario terbaik pilihan http://sinopsisfilm.reviews, sutradara dan kru film kelas satu yang bisa kami temukan diantara arsip film bioskop. Aktor dan aktris berbakat dibidang cinema seperti Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Julianne Moore tergambar di review film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 ini, tokoh yang diperankan begitu kuat sekaligus unik, didukung pula para figuran yang mumpuni dan berpengalaman, visual effect dengan lokasi-lokasi adegan yang tak hanya memberi kesan pada para penonton, namun juga membawa kita seolah ikut merasakan keadaan yang ada dalam film.

Dalam sinopsis film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 saja sudah terlihat bagaimana imajinasi sang sutradara Francis Lawrence yang luar biasa menyatukan berbagai elemen sumber daya manusia, teknologi, penokohan, serta adegan per adegan dalam konflik. Jika melihat sekilas dalam trailer filmnya, pemilihan latar yang meliputi lokasi syuting, setingan waktu kapan karakter-karakter dalam film ini hidup, dialog, bahkan dialeg mereka masing-masing juga telah diatur secara sempurna oleh sang sutradara Francis Lawrence (lepas dari pengalaman dan kemampuan akting para pemeran).

Mudah mudahan resensi atau sinopsis dan trailer film The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 yang rilis tahun 2014 mampu sedikit memberi gambaran sebelum kita nonton streaming, download gratis, atau membeli DVD Blu ray nya.